Indonesia memang kaya, tidak hanya alam, budaya, tetapi juga kulinernya yang beragam membuat daya tarik wisatawan. Setiap daerah di Indonesia tentu saja berpontesi untuk dijadikan obyek wisata https://republikwisata.com/, namun tidak semua daerah mendapat kesempatan untuk lebih dikenal wisatanya. Karena itu jika Anda gemar perjalanan, tugas Anda lah mengenalkan kekayaan di Indonesia lebih banyak lagi. Anda bisa mengulas atau mengabadikannya ke dalam foto.

Apalagi sekarang sedang meruyak menulis di blog, meski bukan seorang blogger Anda tetap bisa menulis di blog, bukan? Menceritakan keindahan, keunikan, daerah yang Anda kunjungi. Salah satu daerah yang tidak sepopuler Bali atau Bandung, adalah Bintan. Padahal terdapat penginapan di Bintan yang berbintang empat, yaitu Bintan Lagoon Resort. Berlokasi di Lagoi Bintan Utara, Kepulauan Riau, dekat dengan Pantai Tiongkok.

Anda bisa bayangkan, selain menginap di resort dengan berbagai fasilitas, Anda bisa menikmati keindahan pantai karena jaraknya yang dekat. Konon, Pantai di Bintan tidak kalah dengan keindahan pantai di Bali, bahkan pasirnya lebih bersih. Suasana juga lebih tenang sehingga bisa berjemur sambil menikmati panorama dan udara pantai. Namun jika Anda ingin menemukan hal lain di Bintan, bagaimana jika berburu kuliner khasnya?

Yups, menyukai perjalanan pasti selalu penasaran dengan kuliner khas sebuah daerah. Terutama kuliner yang tidak atau jarang kita temukan. Pasti jadi daya tarik tersediri deh, di Bintan kira-kira seperti apa ya, kuliner khasnya? Akan cocok dengan lidah Anda, kah? Dari pada penasaran terus, mari kita mulai melakukan perjalanan mencari kuliner di Bintan. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mendokumentasikannya.

Lakse

Kok namanya seperti kuliner yang juga dijumpai di Pulau Jawa ya, tepatnya di Bogor. Itu tuh Laksa yang cara buatnya diguyur kuah berkali-kali dan dibuang berkali-kali. Ternyata memang Lakse nyaris sama dengan Laksa! Hanya saja Lakse di sini diberi suwiran ikan laut yang gurih banget. Jadi tetap beda ya, ada sedikit citra rasa yang khas. Makanya patut dicoba dan Anda bandingkan perbedaannya dengan kuliner Laksa di Bogor.

Oya, untuk menemukan Lakse yang lezat Anda bisa berburu ke Jalan Basuki Rahmat. Di sini Laksenya sudah terkenal di kalangan wisatawan. So, lanjut wisata kuliner berikutnya ya, jangan kaget kalau semua kuliner Bintan rata-rata memiliki citra rasa khas laut. Selalu ada bahan dari kekayaan laut yang diolah, jadi untuk penggemar seafood Bintan bisa jadi surga wisata kuliner nih.

Nasi Dagang

Memang ya, salah satu ciri khas kuliner daerah itu namanya unik. Bikin penasaran untuk segera berburu dan mencicipinya, ini juga membuat kuliner masuk dalam daftar yang dicari wisatawan. Lalu Nasi Dagang khas Bintan ini seperti apa ya?

Ternyata seperti Nasi Uduk loh, hanya tetap memiliki ciri khas terdiri. Nasi Dagang disiram kuah kari ikan tongkol, jadi rasanya tetap ada khas lautnya. Nasi Dagang terlezat ada di Jalan Rahmat Basuki.

Asam Pedas Melayu

Katanya kalau ke Kepulauan Riau tidak mencoba kuliner Asam Pedas Melayu kurang lengkap, karena ini merupakan kuliner warisan khas Melayu. Tentu saja, bahan utamanya ikan yang diolah mirip gulai. Ikan yang biasa digunakan kalau tidak patin, ikan tongkol. Rasanya paduan gurih, asam dan pedas yang meresap sampai ke daging ikan, sangat lezat disantap bersama nasi hangat. Cocok untuk makan siang di tepi pantai.

Otak-Otak Tulang

Kira-kira imajinasi Anda apa nih mendengar nama kuliner otak-otak tulang? Kalau otak-otak sih sering mencicipi ya, karena kuliner yang diolah dari bahan dasar ikan ini banyak dijual bebas. Namun kali ini Anda akan menemui otak-otak yang khas banget, karena di Bintan otak-otak diolah dengan campuran tulang ikan. Rasa gurihnya totally, benar-benar citra rasa ikan. Anda bisa ke Kawasan Sei Enam untuk berburu Otak-Otak Tulang paling lezat.

Gonggong

Namanya unik banget, Gonggong. Ternyata ini kuliner khas laut sejenis siput. Kalau melihat wujudnya pasti Anda akan teringat dengan pajangan yang dibuat dari rumah siput, cantik benar siput Gonggong ini. Soal rasa? Katanya lezat sehingga wisatawan wajib mencobanya. Sementara soal khasiat? Ehmmm, buat Anda kaum pria, kuliner ini menjadi special deh. Konon kandungan zink yang tinggi dalam Gonggong menambah vitalitas kaum pria.

Kopi Hawaii

Puas berburu kuliner, kurang lengkap kalau gak berburu minumannya. Jika Anda coffe lovers, wajib mencoba Kopi Hawaii di Bintan. Kopi hitam pekat ini memiliki citra rasa khas yang sulit untuk digambarkan, kecuali Anda mencoba langsung. Banyak penjabat di sana yang juga menjadi penikmat Kopi Hawaii yang legendaris. Untuk ke Kedai Kopi Hawaii, Anda bisa meluncur ke Jalan Pasar Bedikari. Selamat menikmati secangkir Kopi Hawaii.

Puas berburu kuliner khas Bintan? Kalau belum puas, Anda bisa berburu lebih banyak lagi. Temukan Roti Jala yang terkenal dari Arab, namun ternyata Bintan memiliki Roti Jala yang terkenal lezat. Ada lagi Lendot atau Sempolet, Mie Tarempa, Sotong Masak Hitam. Duh, kalau diulas semua akan jadi tulisan yang panjang. Sebaiknya Anda berburu langsung dengan membuat agenda liburan ke Bintan deh. Menikmati wisata kuliner dan lautnya yang damai.

Kunjungi Juga Artikel Terkait:

Oleh-Oleh Khas Pangandaran

Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah

Oleh-Oleh Khas Semarang

Oleh-Oleh Khas Brebes

Wisata Wonogiri

Wisata Wonosobo

Wisata Dieng

Wisata Salatiga

Wisata Solo